Bandeng Rorod Mpok Omah Bekasi

Bandeng Rorod Oleh - Oleh Khas Bekasi

Bandeng Rorod Mpok Omah telah dirintis oleh Bapak Afif Ridwan sejak 2011. Menurut Pak Afif melalui UMKM kuliner miliknya, Pak Afif ingin mengangkat budaya lokal Betawi yang saat ini telah menjadi ciri khas Kota Bekasi. “Bandeng Rorod merupakan kuliner khas Betawi yang dibuat dengan resep warisan orangtua kami. Saat ini, Bandeng Rorod Mpok Omah telah menjadi salah satu ikon oleh-oleh Kota Bekasi yang memiliki cita rasa khas,” ungkap Afif.

Berbeda dengan bandeng presto yang memiliki tulang dan duri lunak, Bandeng Rorod sama sekali tidak memiliki tulang dan duri. Untuk menghilangkan tulang dan duri pada ikan bandeng, Pak Afif menarik paksa tulang besar ikan tersebut , yang dalam bahasa Betawi disebut dirorod. “Makanya kami menyebut produk kami dengan nama Bandeng Rorod,” terang Pak Afif mengenai asal muasal nama Bandeng Rorod.

Ketika mengawali usaha Bandeng Rorod, Pak Afif melakukan proses pemisahan duri ikan bandeng secara manual menggunakan tangan. Pemisahan duri ikan bandeng menggunakan tangan yang selama ini dilakukan membutuhkan waktu yang lama sehingga tidak efisien dari sisi proses produksi. Namun Saat ini Pak Afif telah menggunakan mesin untuk memisahkan daging bandeng dengan durinya. Penggunaan mesin diakuinya mampu meningkatkan efisiensi dan kapasitas produksi.Kini, Pak Afif tidak khawatir lagi untuk memenuhi pesanan dalam jumlah besar.

Pak Afif menjelaskan, Bandeng Rorod merupakan pengembangan varian produk berbahan baku ikan bandeng. Agar rasanya lebih lezat ditambahkan dengan rasa khas bumbu orang Bekasi, gurih dan ada rasa pedasnya. Harga yang ditawarkan juga relatif terjangkau yaitu sebesar Rp 28 ribu/pack isi 1 ekor . Penjualan Bandeng Rorod, selain dijual langsung di tokonya, juga dilakukan melalui agen dan outlet-outlet di tempat yang strategis serta melalui situs online blanja.com.

Mulai membanjirnya pesanan produk memotivasi Pak Afif untuk semakin membesarkan usahanya. Namun, hambatan permodalan dan pemasaran harus dihadapi dalam memenuhi permintaan pasar. Usaha dan keteguhan Pak Afif untuk tetap fokus membangun bisnis Bandeng Rorod Mpok Omah membuka jalan pertemuan dengan PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (Telkom).

Pak Afif mengakui pentingnya peran Telkom dalam membantu pengembangan usahanya. Selain mendapat bantuan permodalan, Telkom juga kerap mengajaknya mengikuti berbagai pelatihan.

“Kami menjadi mitra binaan Telkom sejak awal 2016. Namun, baru setahun dibina, kami merasakan manfaat yang didapat sangat mendukung kemajuan usaha kami, karena selain mendapatkan dukungan dari sisi modal, kami juga memperoleh bantuan soft skill, melalui pelatihan dan pendampingan manajemen bisnis,” jelas Pak Afif.

Pak Afif melanjutkan, “Terlebih saat era digital seperti sekarang, kami juga mendapat dukungan pelatihan dan pendampingan marketing, termasuk digital marketing dari pemerintah dan pihak terkait. Ini sangat penting bagi pengembangan usaha kami yang awalnya hanya mencakup Jabodetabek, namun sekarang sudah menjangkau sekitar Pulau Jawa hingga Kalimantan,” tambahnya.

Total Page Visits: 35 - Today Page Visits: 1